Senin, 23 November 2015

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Mentawai Sosialisasi Disiminasi Informasi Tingkatkan Partisipasi Bersama


Mentawai-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar acara sosialisasi bertajuk Disiminasi Informasi kita tingkatkan Partisipasi Bersama dalam Pilkada Serentak. Pemilu pada SKPD juga untuk Umum bagi pemilih pemula tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Mentawai. Kegiatan yang digelar satu hari, Senen, (23/11/2015) ini merupakan salah satu program Divisi Sosialisasi dalam menanamkan education of electoral pada SKPD juga anak-anak muda yang sangat potensial dalam menentukan masa depan bangsa.

Ketua Komisioner KPU Mentawai.Laurensius.dan Divisi Sosialisasi sekaligus ketua panitia kegiatan, Nurfitrisman,Kominfo Sumbar mengungkapkan potensi hak pilih yang dimiliki oleh Yang Belum Terdaftar cukup besar dan pemilih pemula ini tidak bisa dipandang sebelah mata. "Hak pilih mereka menguasai 20% dari total seluruh suara. Itu angka yang signifikan, jadi para calon yang ingin maju dalam pemilihan seharusnya mempertimbangkan pasar ini," tandasnya.

Mengingat kebanyakan para pemilih umum di Desa yang belum terdaftar juga pemula masih di jenjang sekolah, yakni usia 17 tahun, maka perlu ditanamkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya pemilu sedini mungkin. Partisipasi mereka dalam pemilu sangat penting artinya dalam mewujudkan demokrasi di Indonesia. Oleh sebab itu diharapkan dengan mengikuti Acara Sosialisasi Pilkada ini akan meningkatkan partisipasi masyarakat dan kawula muda dalam menyelenggarakan pemilu di masa mendatang.

Metode yang digunakan dalam penyampaian materi sosialisasi pemilu Pilkada Sumbar ini mengunakan metodeclassroom, dengan diskusi tatap muka, simulasi, sehingga peserta menjadi terlibat aktif mengikuti kegiatan.tersebut.

Beberapa materi menyangkut pemilu yang disampaikan dalam Acara pemilu kali ini antara lain, Pentingnya Pemilu, Penyelenggara Pemilu, Tahapan Pemilu dan Peserta Pemilu, Pemutakhiran Data Pemilih, Menjadi Pemilih yang Cerdas, serta dilengkapi dengan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara. Semua materi tersebut disampaikan secara estafet oleh nara sumber yang merupakan para Anggota Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Peserta yang berjumlah total 70 orang SKPD dan masyarakat Umum juga siswa/siswi ini merupakan perwakilan dari dinas LSM sekolah se-Kabupaten Mentawai. Mayoritas dari mereka merupakan wakil dari dinas masing-masing.

Menurut Ketua komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang lain, Bastian, mereka yang terpilih menjadi wakil dari SKPD LSM dan sekolahnya akan dinobatkan menjadi Duta Pemilu. "Duta pemilu mempunyai tanggung jawab untuk menyebarkan ilmu yang mereka dapat selama mengikuti kegiatan ini kepada teman-teman sekolahnya yang lain. Jadi sosialisasi pemilu ini mempunyai tujuan jangka panjang yakni menyebarluaskan pemahaman pemilu secara lebih luas dikalangan pemilih umum dan pemula," jelas Bastian.

Peserta,rapat dalam ruangan Hotel ANR Tuapeijat masing-masing mendapatkan materi selama satu hari penuh(fullday). Seluruh peserta terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti semua kegiatan yang telah dijadwalkan.

Salah seorang peserta yang merupakan perwakilan dari KNPI Mentawai dan Dinas PU, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. "Materinya sangat edukatif karena memberikan pengetahuan bagi kami yang masih awam tentang pemilu. Penyampaiannya juga menarik karena diselingi dengan tanya jawab" aku PNS ini

Ditanya soal tanggung jawabnya sebagai peserta pemilu, Riki mengaku akan mengusulkan kepada pihak KPU agar mengadakan sosialisasi tentang pemilu, sehingga ilmu yang didapat ditularkan kepada teman-temanya yang lain. Lebih lanjut, dia yang akan genap berusia 20 tahun pada tahun ini, juga mengatakan siap untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu yang akan datang, seperti Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Sumatera Barat yang diagendakan pada tahun 2015.

Kegiatan yang dilaksanakan di hotel ANR.ini KPU Kabupaten Mentawai, Jl. Raya KM. 0,Kecamatan Sipora Utara ini juga mengundang.Kabid Kominfo Sumatera Barat’ Nurfitrisman, untuk membuka acara secara resmi pada hari Senen 32/11/2015). Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa SKPD LSM Masyarakat umum juga generasi muda jangan mudah terjebak dalam hal-hal negatif yang kini sangat kuat mempengaruhi masyarakat dan juga pergaulan anak-anak muda. Untuk itu, kegiatan seperti sosialisasi pemilu ini merupakan kegiatan positif yang seharusnya lebih sering diikuti para SKPD LSM Masyarakat umum dan siswa. Tak lupa beliau juga menghimbau pada para peserta untuk berpartisipasi aktif saat pemilu nanti."Sebab nasib bangsa terletak di tangan pemilih dan generasi muda," tandasnya.

Dari beberapa pesan dan kesan yang tersirat oleh para peserta, mereka mengharapkan agar kegiatan sosialisasi pemilu dapat diadakan setiap tahunya dan juga agar dapat diadakan bukan hanya untuk kalangan SKPD, tapi di desa-desa juga. Sehingga pemahaman tentang pemilu dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia

Jumlah DPT yang sudah tercatat di KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai pada saat ini 54, 231 orang yang sudah terdaftar.dan masih ada sikitar 5,000 orang lagi yang belum mendapatkan kartu pemilih atau masuk dalam daftar  DPT pungkasnya .(heri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar