Minggu, 29 November 2015

Banyak Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Hilang dan Tidak Terurus


Mentawai-Kornelius Sabalety SH meminta Pemerintah,Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui dinas terkait harus kembali menginventarisasi seluruh aset milik pemerintah daerah. Pendataan harus dilakukan secara teliti oleh tim. Penjabat Bupati Mentawai, Kornelius. Berkata saat di hubungi melalui HPnya, kemarin, menyatakan, agar mendata ulang aset daerah berupa barang bergerak dan tak bergerak, tentu juga melibatkan seluruh SKPD di wilayah Mentawai.(28/11/2015)

”Untuk mendata aset Daerah, segera di bentuk anggota tim Pemda Mentawai,harus melengkapi administrasinya dulu, sehingga mereka tak mengalami kesulitan ketika turun di lapangan.’’ Ia menambahkan, petugas pendata juga perlu dibekali pelatihan tentang inventarisasi aset daerah.

Tujuannya agar hasil pengumpulan data di lapangan benar-benar akurat, sehingga bisa untuk acuan pemanfaatan ke depannya. Disinggung banyaknya aset daerah yang kurang terurus, oleh SKPD dan Penjabat Pemerintah Mentawai. ”cepat mencari solusinya Salah satu tujuan menginventarisasi kembali seluruh aset milik daerah adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat manfaatnya.’’

Sebagai Acuan
Begitu juga saat ditanya adanya penggunaan aset daerah yang tidak sesuai peruntukannya, misalnya Mobil dinas,kendaraan roda dua, dinas,Kapal Mentawai Express Sead Boat kayu dan Sead Boat Bantuan TV 1. yang sekarang ini di biarkan tengelam tidak terurus,ada pula mobil yang dipakai di luar pegawai Pemkab Mentawai, kata Kornelius. mengatakan sudah mengetahui hal itu sudah lama.

Para Penjabat di Pemerintahan Mentawai itu, segera ada pendataan nanti bisa dipakai acuan untuk menata ulang aset daerah, baik berupa barang bergerak maupun tak bergerak. Termasuk pemakaian rumah dinas yang menyimpang dari peruntukannya, akan ditata kembali. ”Kalau memang rumah dinas bersangkutan sudah tidak dipakai, bisa saja dipinjamkan kepada pihak lain.

Namun untuk meminjamkan tentu dilengkapi administrasi yang baik, misalnya dibuat perjanjian yang memiliki kekuatan hukum guna mengantisipasi jika terjadi suatu masalah di kemudian hari.’’karena masih banyak aset daerah yang kurang terurus dan hilang. Jika hal itu berlangsung lama, besar kemungkinannya mengalami kerusakan.dan menjadi persoalan hukum di kemudian hari.

Bahkan bisa jadi aset tersebut justru dikuasai oleh orang yang tidak memiliki hak. Itu sebabnya, ia memandang perlu adanya inventarisasi kembali seluruh aset milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. ”Semua ini demi kebaikan.ujarnya.

Disisi lain Ketua Pekat Indonesia Bersatu Kabupaten Kepulauan Mentawai .Suherman sependapat dengan Kornelius Bahwa Semua Aset Daerah Kabupaten Mentawai harus jelas dimana keberadaannya dan berapa jumlah semua aset baik kendaraan roda enam. roda empat roda dua. alat alat berat. Kapal. sead boat .mesin tempel. Tanah. bangunan semua aset tercatat tampa terkecuali dengan baik, tidak seperti sekarang ini, sangat gelap sekali aset aset Pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai ini Pungkasnya (heri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar