Senin, 23 November 2015

Bandara Rokot Kabupaten Kepulauan Mentawai Menunggu Perpanjangan Run Way


Mentawai- Keberadaan Bandara Rokot di Kota Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai Propinsi Sumatera Barat memberikan dampak yang sangat signifikan dalam pembangunan. Roda perekonomian pun turut digerakkan seiring dengan mobilitas manusia yang semakin hari semakin meningkat baik yang datang maupun yang pergi.

Hal ini menjadi barometer penting, dalam menyokong pembangunan di kabupaten Mentawai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini. Demikian dikatakan Bupati Yudas Sabaggalet saat menerima kunjungan kerja Ketua Komisi IX DPR RI, Alex Indra Lukman.beberapa waktu yang lalu (23/11/2015).

Lebih lanjut, Yudas Sabaggalet, mengatakan Bandara Rokot selama setahun belakangan ini, cukup representatif untuk menerima kunjungan dari berbagai elemen atau komponen masyarakat, mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah.juga Turis Manca Negara.

Dirinya mengemukakan selama satu tahun belakangan ini,Bandara Rokot. tak pernah bosan-bosannya menerima tamu dan kunjungan dari berbagai komponen masyarakat, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, dan Bandara Rokot menjadi tempat yang dengan ‘setia’ menerimanya.

“Realitas ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dalam kesehariannya, bandara ini walaupun berada pada titik lokal tetapi harus mampu berperilaku internasional,” tandas Bupati yang sudah Empat tahun memimpin wilayah ini.

Dijelaskan Yudas bahwa Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Mentawai telah meminta kepada Presiden Yokowi agar Pemerintah Pusat mengalokasikan dana untuk memperpanjang run way bandara ini dari 800 meter menjadi 1,800 meter. Perluasan ini menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, karena arus keluar dan masuk melalui bandara ini, sudah sangat ramai dan bahkan melebihi target. Bahkan masyarakat lokal sepertinya sangat membutuhkannya,

“Setiap dua hari ada satu kali penerbangan, tetapi kondisi ini tidak bisa dipertahankan lagi karena semakin ramainya, bahkan ada penumpang yang tidak mendapatkan tiket untuk bepergian menggunakan pesawat Susi Air,” katanya sambil menambahkan untuk mengatasinya diminta kepada pihak yang berwenang untuk menambah volume penerbangan 1 hari satu kali penerbangan.

Yudas juga mengutarakan, semua yang dilakukan terkait dengan keberadaan bandara ini demi kehormatan dan martabat bangsa ini ke depan. Kabupaten Kepulauan Mentawai harus menjadi wilayah yang disegani di antara bangsa-bangsa yang berada di perbatasan ini seperti Samudra Hindia.”karena Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah tujuan wisata Dunia.

“Bangsa ini jangan dibuat kecil dan martabat bangsa ini dipertaruhkan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa wilayah yang berada di perbatasan, pembangunannya cukup pesat dan mampu bersaing dengan bangsa lain,” ungkapnya semangat.

Alex Indra Lukman pada kesempatan itu memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Mentawai yang terus menggenjot pembangunan di perbatasan. Sebagai wilayah perbatasan pulau terluar Kabupaten Mentawai, mendapatkan perhatian yang sangat besar dari Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastrukturnya.

“Kita pastikan pembangunan di Kabupaten Mentawai akan terus dikebut, jika ada dukungan yang positif dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Mentawai. Pemerintah Pusat sedang memberikan perhatian kepada pembangunan di perbatasan seperti di Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua,” jelasnya.

Dikatakan Alex Indra Lukman bahwa sebagai Anggota Komisi IX yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan, dirinya sangat bangga dengan pembangunan yang sementara dilakukan di Kabupaten Mentawai. Hal itu terjadi karena komunikasi yang dibangun sangat bagus dan koordinasi yang kondusif. Sebagai Wakil Rakyat yang mewakili Sumatera Barat di DPR RI, dirinya sangat konsen untuk masalah pembangunan infrastruktur yang ada di Sumbar.

“Kita ingin memacu pembangunan yang ada di Sumatera Barat sehingga bisa bersaing dengan daerah lain. Dan bersama teman-teman wakil rakyat yang mewakili Sumatera Barat di Senayan, kita akan terus berjuang sehingga pembangunan di wilayah Sumbar terus berjalan dan menyamai wilayah di Indonesia Bagian lainnya,” unkapnya.

Terhadap permintaan soal bandara Rokot dan pembangunan perumahan serta infrastruktur jalan, Alex Indra mengemukakan akan mengawalnya, sehingga harapan masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai benar-benar tercapai.(heri)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar