Jumat, 06 November 2015

Anggota DPR RI Komisi IX Alex Indra Lukman Kunjungi Kabupaten Kepulauan Mentawai


Mentawai -Anggota Komisi IX DPR RI.Alex Indra Lukman melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Barat dan Kekabupaten Kepulauan Mentawai. Tujuannya, untuk melihat secara langsung progres pembangunan di  Kabupaten Mentawai, khususnya di bidang Pariwisata Berkelas Dunia gerbang Pantai Barat.Indonesia. Kelautan dan pekerjaan umum, perumahan rakyat, infrastruktur, perhubungan, telekomunikasi Kesehatan Rumah Sakit RSUD Mentawai, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Kunjungan ini, sekaligus juga untuk meninjau lapangan yang berkaitan dengan mitra kerja Komisi IX, seperti Bandar Rokot Basarnas dan BMKG.kata Alexsander Lukman.(6/11/2015)


Selain itu, kunker dilakukan untuk menyerap aspirasi dan mengetahui berbagai persoalan di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, khususnya terkait pembangunan infrastruktur Pariwisata.Dunia yang telah dan akan di biayai oleh APBN. Hasil kunjungan kerja ini, selanjutnya akan segera ditindaklanjuti dalam rapat Komisi IX di masa sidang yang akan datang.ujar Alex Indra Lukman


Tim Kunker Komisi IX, Alex Indra Lukman mengatakan, Komisi IX DPR RI pada reses Masa Sidang I Tahun 2015-2016 ini, melakukan kunjungan kerja dua daerah di Indonesia, yaitu Sumatera Barat, Sumbar.dan Kepulauan Mentawai Diagendakan, Komisi IX akan berada di Sumbar selama 4 hari, dari 6-10 November 2015.


Hari pertama tiba di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Anggota Komisi IX satu (1) orang ini langsung meninjau sejumlah fasilitas RSUD Mentawai dan Lokasi Pangkalan Laut Wilayah Barat,di Musoubuk Mentawai yang berada di area KM 14 Sipora Utara Waktu itu, anggota komisi IX DPR RI diterima langsung Bupati Yudas Sabaggalet. didampingi Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarokdog Ketua DPC PDIP Mentawai Sipayung dan Seluruh Kepala SKPD.Selain melihat sarana dan prasarana di Mentawai, Komisi IX juga meninjau sejumlah fasilitas dermaga kapal, yang juga berada di area Tuapeijat.


Selama 4 hari di Sumatera Barat, selain Ke Mentawai Komisi IX diagendakan akan melakukan peninjauan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur, di Padang yang kini masih dalam tahap pembangunan. Agenda lainnya, mereka akan meninjau sejumlah fasilitas perhubungan, seperti pelabuhan penumpang, pelabuhan barang, Dermaga Rescue Boat Basarnas dan sarana prasarana transportasi yang telah tersedia.

   
Bupati Yudas Sabaggalet mengatakan, kalau potensi Mentawai sebenarnya masih sangat besar. Namun, APBDnya terbilang sedikit. Sekitar tujuh ratus meliar. Oleh karena itu, laju percepatan pembangunan di Mentawai belum bisa secepat seperti yang diharapkan. Untuk itu, Bupati Yudas Sabaggalet, meminta melalui Komisi IX,DPR RI  ke depannya bisa diberikan dukungan yang lebih dari pemerintah pusat melalui dukungan APBN.


Selain bicara masalah potensi dan progres pembangunan, pada waktu itu Bupati juga sempat mengeluhkan kebijakan Mentri terkait beberapa aturan dan pelarangan rapat maupun pertemuan yang digelar di hotel. Menurut Bupati, kebijakan itu sangat merugikan industri perhotelan di Mentawai dan membuat pariwisata lesu.


Sementara pemerintah daerah.Kabupaten Mentawai di minta untuk Membuat Proposal dengan segera dalam dua bulan ini,kecepatan dalam, hal semacam itu penting diketahui pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai,karena ada 560 Kabupaten /kota di Seluruh Indonesia yang menunggu proposalnya, sehingga komisi IX yang di wakili oleh Bapak Alex ini bisa segera menindaklanjuti untuk kegiatan di SKPD di Mentawai yang terkait dengan pembangunan .agar sampai ke komisi IX.DPR RI.wakil dari Sumbar ini, di Jakarta.


Bupati.Yudas berharap, pemerintah pusat dan daerah seharusnya bisa lebih mengedepankan koordinasi. Dengan begitu, program pembangunan akan betul-betul sinergi dan lebih mudah dilaksanakan. "Mohon ini bisa menjadi catatan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang berasal dari Padang ini, Bapak Alex bisa membatu Mentawai" ujar Bupati Yudas.


Mengakhiri pertemuan, Bupati Yudas Sabaggalet, Mentawai bertukar cinderamata dilanjutkan berfoto bersama. Tak lupa, Bupati meminta anggota Komisi IX DPR RI, kiranya dapat menyempatkan mengunjungi tempat-tempat pariwisata yang ada di Mentawai, saat diantar ke pelabuhan kapal Mentawai fas ketika akan pulang kembali kepadang. tentunya disela-sela kunjungan kerjanya nanti pungkasnya (heri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar