Senin, 28 Maret 2016

Puluhan Ribu Pasukan AL Dunia Bakal 'Berkumpul'di Padang Sumatera Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai


Mentawai- 29 Maret 2016, 20:16 Ajang latihan maritim Multilateral Komodo Exercise 2016 akan diadakan mulai tanggal 12 hingga 16 April di dua lokasi di Sumatera Barat, yakni Propinsi Sumatera Barat Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dalam acara tersebut, direncanakan akan dihadiri puluhan ribu personel Angkatan Laut peserta Dunia. 

"Rencananya yang ikut 35 negara peserta, sampai hari ini sudah sekitar 23 negara yang mengkonfirmasi bahwa KASAL nya akan hadir," ujar Mayor E.Baratiku

Acara tersebut rencananya akan dibuka Presiden RI, Joko Widodo, sekaligus membuka agenda pertama yaitu IFR (International Fleet Review) kapal-kapal peserta.di Sumatera Barat.

"Jadi pada saat IFR nanti, Presiden akan menginspeksi kapal perang peserta didampingi KASAL masing-masing negara peserta, yang ikut Multilateral Komodo Exercise 2016 " kata E Baratiku.

Selain melibatkan pasukan Angkatan Laut negara peserta, Multilateral Komodo Exercise juga akan melibatkan masyarakat di sekitar lokasi acara di Propinsi Sumbar Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kita ada program 'ayo melaut' di hari ke dua, nantinya beberapa pengunjung dari sipil akan kita ajak ke tengah laut dengan kapal kita. Lalu, selama di kapal akan kita beri wawasan tentang kemaritiman dan bela negara, kurang lebih seperti itulah," katanya.Mayor E.Baratiku.

Mayor E Baratiku Danlanal Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan bahwa Pasukan Twelve American US Navy Seapees sudah datang di Tuapeujat bergabung dengan TNI AL. Sebanyak sebelas orang di tempatkan di KM 6 sp 1 Desa Sudimakmur Kecamatan Sipora Utara.

Satuan Tugas tersebut akan melaksanakan latihan multilateral yang puncaknya diselenggarakan tanggal 12-16 April 2016 di Padang dan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

JOEY .CMI.E.6 Second In comman mengatakan bahwa mereka bergabung dengan TNI AL untuk membuat jalan di SP 1 Desa Sudi makmur Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam rangka (MNEK) Multilateral Naval Exercise Komodo.

 Kegiatan kedua yaitu latihan bersama  dengan tajuk Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang kedua dengan tema “Readiness and Cooperation for Peace”. Kegiatan ini diikuti 35 negara antara lain  Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Cambodia, Canada, dan Chile. Selain itu, Columbia, China, England, France, India, Indonesia, Japan, Korea Selatan, Kuwait, Laos, Malaysia, Mexico, Myanmar, Netherland, New Zealand, Pakistan, Peru, Philippine, Papua New Guinea, Qatar, Rusia, Singapore, Saudi Arabia, Srilangka, Thailand, USA, Timor Leste dan Vietnam.

Dalam kegiatan Komodo 2016 ini akan juga dilaksanakanworkshop, maritime exhibition, Engineering Civic Action Program(Encap) dan Medical Civic Action Program (Medcap) di Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai (Pulau Siopora dan Siberut).

Sedangkan kegiatan ketiga yaitu Western Pacific Naval Symposium (WPNS) yang merupakan forum bagi pemimipin Angkatan Laut negara-negara di kawasan Pasifik. Kegiatan WPNS ini merupakan yang kelimabelas di mana WPNS pertama kali dilaksanakan pada tahun 1988. Tujuan dari WPNS  adalah untuk meningkatkan kerjasama angkatan laut di kawasan Pasifik  sebelah barat lewat diskusi berbagai permasalahan kemaritiman,  baik tingkat kawasan maupun global serta merupakan forum di mana sesama pelaut profesional berbagi informasi dan pendapat. Tema WPNS kali ini adalah “Maritime Partnership for Stability in Western Pacific Region”.(heripamalis)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar