Selasa, 22 Maret 2016

Pemenang Tender Sudah Ditentukan di Kabupaten Kepulauan Mentawai

 Mentawai- 22/3/2016-Sistem sewa-menyewa tidak hanya berlaku untuk rumah atau mobil. Perusahaan jenis Perseroan Terbatas (PT) dan Perseroan Komanditer (CV) juga disewakan untuk mengikuti tender, yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ikut bermain termasuk oknum PNS yang di tunjuk menjadi panitia.

Imbalannya tergantung kesepakatan pemilik perusahaan dengan penyewa. Jika, perusahaan yang disewa menang tender, maka biaya yang digelontorkan penyewa bisa mencapai 10 persen dari nilai proyek.malah bisa lebih.

Seorang pengusaha berinisial SD mengatakan, rental perusahaan bukan hal baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain itu, katanya, seluruh proses tender pengadaan barang atau pembangunan fisik di kabupaten Kepulauan Mentawai sudah ditentukan pemenangnya.

"Selain sudah ditentukan pemenangnya, rental perusahaan memang selalu ada, dan bukan hal baru. Biasanya, ada suatu daerah hanya ingin rekanan dari daerah asal, tidak mau dari luar. Makanya, cari kawan di daerah yang dapat memenangkan tender," katanya di kawasan Kabupaten Mentawai, beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, usai memperoleh teman untuk memenangkan tender, pemilik perusahaan memberikan akta kuasa kepada penyewa. Kesepakatan biaya sewa tergantung perjanjian penyewa dengan pemilik perusahaan
.
"Penyewa sudah tahu kesepakatannya. Bisa ditentukan sejak awal atau setelah proses  terder selesai. Enggak ada nilai pastinya, cuma pada umumnya 10 persen dari nilai proyek,"

Tender alat alat tulis kantor (ATK) di Kabupaten Kepulauan Mentawai lebih enak lagi walaupun belum ada tender pada tahun mendatang, tapi kita sudah bisa jalankan dengan memberikan hutang kepada SKPD di Mentawai dengan harga naik 100% dari standarnya.karena mereka berhutang.

“Salah satu contohnya di RSUD Mentawai dengan bangganya mereka mengatakan ke masyarakat dan LSM bahwa mereka sudah lama berhutang ke oknum tim sukses yang menopoli ATK  di setiap SKPD Mentawai setiap tahun jadi kami tidak bisa memberikan kegiatan ini kepada yang lain.terangnya.karena sudah perintah tim sukses Bupati.

“Dari keterangan Ketua Indonesia Bersatu (Pekat) mengatakan Proyek ATK di setiap SKPD di Kabupaten Kepulauan Mentawai setiap tahun  sudah dimonopoli oleh tim sukses Bupati hampir merata ini diakukan SKPD di Mentawai, proyek ATK dilibas oleh tim sukses ujarnya.hal ini sudah rahasia umum.dilihat masyarakat Mentawai modus seperti itu terjadi setiap tahun tapi tidak terpantau pihak hukum tegasnya (heri)

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar