Minggu, 06 Maret 2016

Mega Trass Mentawai, Beriaksi Kabupaten Kepulauan Mentawai di Landa Gempa Besar 8,3 SR.


Mentawai- Pada pukul 19.94 wib malan dihalaman Pulau terluar Sinyau Nyau Kecamatan Siberut Barat Daya Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat telah terjadi Gempa Besar di Dasar laut yang cukup besar dengan kekuatan 8.3 SR kedalam 10 KM posisi, 5,16 LS -94,05 BT (682) KM- Barat Daya Kabupaten Kepulauan Mentawai Gempa terjadi didasar laut.kata Bupati Yudas Sabaggalet.(6/3/2016)

Semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai di Sepuluh Kecamatan langsung meresfons Gempa dan pergi ke tempat  tertinggi untuk menghindari Gempa dan Tsunami yang di kuatirkan bisa datang dengan kecepatan  sangat cepat itu, untuk menyelamatkan diri ujar Bupati Yudas.saat rapat siaga satu di Kantor Bupati.Mentawai.

 Yudas menerangkan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah mengerti berdasarkan pengalaman  Gempa dan Tsunami yang lama pada tahun 2010 yang lalu yakni Gempa dan Tsunami di Pagai Selatan  Pagai Utara dan Sikakap,saat ini  masyarakat Mentawai.menjadi tangap dengan Bencana Gempa dan Tsunami dan langsung pergi mengamankan diri ke tenpat tertinggi di setiap kecamatan.  

 Masyarakat berusaha agar terhindar dari terjangan Tsunami maka peringatan dini yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai,cukup berpungsi  para mengunsi sudah aman di tempat tempat yang tinggi untuk mengantisipasi Gempa dan Tsunami yang bisa datang dengan tiba tiba dengan kecepatan yang tinggi pula ujar Yudas.

Lebih lanjut kata Bupati Yudas Sabaggalet menghimbau ke pada masyarakat di sepuluh Kecamatan supaya bertahan dulu di pengungsian pada malam ini, untuk mengantisipasi Gempa susulan yang di pekirakan cukup besar dan harus memahami potensi Gempa dan Tsunami di Mentawai dan mereka segera mengungsi bila datang gempa yang agak besar harus cepat cepat pergi mengungsi ketempat tertinggi di setiap Kecamatan dalam tempo yang singkat tidak boleh terlembat tegasnya.

Bupati Yudas Sabaggalet mendapatkan  Informasikan situasi terakhir bahwa masyarakat di Sepuluh kecamatan itu sudah aman melalui Radio Radio Orari yang sudah di pasang oleh Dinas BPBD, Tagana TIM SAR yang ada di se tiap Kecamatan agar segera melaporkan ke pada kita di Ibu Kabupaten Tuapeijat atau Mentawai 1 ujarnya.

Bupati Yudas Sabaggalet juga sempat  berhubungan langsung dengan Tagana di Pusat yang dibawah Mentri Sosial, melalui Radio ORARI, di Tagana Kabupaten Mentawai, untuk memintak bantuan selimut tenda dan obat obatan untuk pengungsi yang berlarian ke atas bukit di setiap kecamatan.di Kabupaten Kepulauan Mentawai.agar tangap darurat Gempa dan Tsunami ini bisa kita.tangani dengan capat,dan terukur.dipekirakan jumlah pengungsi 60,jiwa..

Pengungsi yang sudah berada di tempat aman yakni Siberut Barat Daya.Siberut Barat.Siberut Tengah.Siberut Utara.Siberut Selatan.Sipora Utara. Sipora Selatan.Sikakap.Pagai Utara.Pagai Selatan.dengan kondisi aman tidak ada korban jiwa.  

“Yudas Sabaggalet sangat kecewa  dengan Telkomsel yang ada di Mentawai sudah Tiga hari jaringan HP dan Internet mati Total di Kabupaten Kepulauan Mentawai.tidak bisa kita melaporkan apapun situasi terkini ke Propinsi dan Pusat.dalam ke adaan yang darurat ini.kesalnya.

Lebih keras Yudas berkata Bagai mana mungkin kita bisa menyelamatkan masyarakat yang teracam Gempa dan Tsunami tersebut sementara perangkat Informasi telkomsel di Mentawai yang ada Rusak. tidak bisa kita mengontak para berpungsi yang tersebar begitu luas wilayahnya hampir  99 pulau di Mentawai ini,dan bagai mana pula untuk menyampaikan informasi Gempa dan Tsunami ke Propinsi dan Pusat sementara Telkomsel yang ada mati total dan tidak diperbaiki dengan cepat oleh Telkomsell.

Yudas meminta kepada Dinas terkait untuk berusaha sendiri dengan cara apapun agar melaporkan kejadian Gempa Mentawai ini ke Propinsi dan Pusat dalam kondisi apapun dan situasi apapun tegasnya karena telkomsel tidak berpungsi sama sekali di Mentawai dan kita tidak perlu putus asa karena alat informasi yang ada Sama Kita di Setiap Dinas harus kita berdayakan untuk melaporkan setuasi daerah Mentawai ke Pusat-tegasnya(heri) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar