Kamis, 28 Januari 2016

LCT;KM.TELUK KATUREI DI RESMIKAN OPERASIONALNYA UNTUK MEMPERSATUKAN RAKYAT MENTAWAI


  
Mentawai (29/1) Bupati kepulauan mentawai,Yudas Sabaggalet bersama Kepala dinas Dishub Kominfo dan Informatika,Meresmikan LCT .KM TELUK KATURAI di Pelabuhan Kapal Tuapeijat Mentawai, kapal LCT,yang diberi nama ”KM.TELUK KATUREI”untuk melayani dua Kecamatan Sikakap dan Pagai Selatan.

“Bupati” menyebutkan, kapal tersebut dimanfaatkan untuk masyarakat banyak,yang melintasi dua daerah kecamatan di Sikakap dan Pagai Selatan yang selama ini didambakan oleh masyarakat mentawai, kata “Yudas”

Mulai dari perencanaan Kapal LCT,Teluk Katurai itu oleh kepala Dinas Tarsisius pada tahun 2014 sampai exsikusinya oleh Edi Sukarni.pada tahun 2015  Kualitas kapal yang dibuat betul-betul menjadi kapal yang bermutu,dia menyebutkan pada acara peresmian LCT Teluk Katurai. ,bahwa kapal ini betul-betul diawasi dengan baik, agar pelaksanaan pembuatan kapal berjalan sesuai apa yang kita inginkan dan sampai operasionalnya saat ini..

Ia.menerangkan apabila kondisi anggaran  mencukupi,dan mengatakan kepada Masyarakat Tuapeijat dapat menambah dua kapal lagi untuk penyeberangan Pasapuat.Sakicik dan Tuapeijat -Mabukuk Siberut utnuk penyelesaiannya  kapal LCT tersebut,pada tahun 2017 -2018 agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat mentawai,.

Peruntukan kapal tersebut kata Yudas,akan diutamakan pada penyebrangan selat sikakap antara pagai utara dan pagai selatan,karena wilayah kerja kecamatan berada pada dua titik,kapal ini akan digunakan sebagai transportasi masyarakat dan untuk transportasi kendaraan dari pagai selatan kepagai utara,trayek tersebut bolak-balik.

Kalau dulu yang memfasilitasi transportasi laut itu,perusahan Minas untuk membawa anak-anak sekolah dan masyarakat,sekarang difasilitas oleh pemerintah,Daerah kapal tersebut juga dimulti fungsikan sebagai pengangkutan alat-alat berat,untuk percepatan pembangunan kabupaten kepuluan mentawai.


Sementara kepala Dinas perhubungan,Kominfo dan informatika Saat Pardamaian kepada Media Masa ,jumat (29/1) mengatakan,dengan adanya kapal LCT nanti sangat banyak fungsinya,mengingat kembali pada kejadian Tsunami dulu,kita kewalaan dengan transportasi,jadi dengan adanya transpotasi laut yang speak kapal panjang 20 m,lebar 6 m,tinggi 3 m dengan bobot 92 GT,kapal yang terbuat dari baja yang bersumber anggaran dari dana DAK Kementrian PDT, bisa menampung penumpang sebanyak 100 orang lebih ulas “Sata Perdamaian.

Dengan adanya kapal KM.Teluk katurei ini,bisa menyatukan inspirasi masyarakat mentawai,tidak terputus hubungan silahturahmi.
“Dia menyebutkan Kapal LCT tersebut tidak selalu membutuhkan dermaga,dimana saja kapal tersebut bisa merapat,sama halnya dengan kapal perang,dimana saja bisa berlabuh,karena kapal tersebut memakai Amdor.ungkapnya

“ Saat Perdamaian. menyampaikan,untuk tahap berikutnya baru-baru ini mendatangi satuan lalu lintas angkutan penyebrangan,bersama dengan Bupati menemui Direktorat lalu lintas laut,sungai,danau dan penyebrangan.agar masyarakat mentawai mendapatkan tranportasi yang memadai.

Jadi pelabuhan pokai pasti titik terangnya sudah klop, karena tahun ini ada FS,DID dan studi kelayakan pembangunan penyebrangan dari pokai menuju Tuapeijat dan juga padang.

Untuk kedepan akan ada juga khusus kapal tujuan Pokai-Tuapeijat  setelah pembangunan dermaganya selesai, tapi sekarang masih  dipergunakan dermaga umum.”pungkasnya sekarang ada 3 titik yang sudah disepakati yang dinamakan titik 2A 

Tahun sekarang pembangunan dermaga  akan mengerjakannya, titik terangnya sudah kelihatan pemerintah daerah bertanggung jawab amdal dan tanah kesediaan lahan dermaga ,ujarnya

Dalam sambutan Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai AKBP Reko Indro Sasongko mengatakan KM Teluk katurai ini sangat di butuhkan  oleh masyarakat luas agar bisa menjawab kekurangan trasportasi yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai selama ini.

Ia menjelaskan untuk menjaga ke amanan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai KM Teluk Katurai ini sangat membantu kepolisian Resot Mentawai didalam keamanan  masyarakat tentu harus membutuhkan transfortasi yang memadai pungkasnya (heri)  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar