Selasa, 26 Januari 2016

AKHIRNYA KEPALA DESA SIMALIGI DI LANTIK JUGA



  Mentawai- Selasa (26/1/2016) merupakan hari bersejarah dalam kehidupan Saudara Piator Sirilaulau. selaku Kepala Desa Terpilih Desa Simaligi Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan  Mentawai karena secara resmi dilantik sebagai Kepala Desa Simaligi. Melalui Rapat Paripurna Istimewa  yang dipimpin oleh Bupati Yudas Sabaggalet, dengan agenda Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Simaligi Periode 2016 sd 2021 dan pj kepala Desa Sioban Pj Desa Matotonan
.
    Bupati  Mentawai Yudas Sabaggalet dengan penuh khidmat mengambil Sumpah dan Melantik Saudara Piator Sirilaulau sebagai kepala Desa Simaligi. PJ.Desa Sioban Rompis Tatubeket.,PJ,Desa Matotonan Matheus Samangilailai.  yang didampingi oleh dua orang saksi (Camat Siberut Barat.Kasi Pemerintahan dan Sekretaris Kecamatan  Siberut Barat) serta  Rohaniwan dari  Kecamatan  Sioban,  sebagai Kepala Desa Simaligi yang baru.Piator akhirnya di lantik.  Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan berjalan dengan tertib dan lancar. Dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara, Penyematan Tanda Pangkat dan Jabatan serta Penyerahan SK Pengangkatan dari Bupati Mentawai  kepada Kepala Desa yang baru dilantik.berjalan dengan lancar.

   

Kemudian nanti di Simaligi akan dilanjutkan dengan Serah Terima Jabatan dari Penjabat Kepala Desa Simaligi,yang baru dengan yang  lama  Saudara  Elon (Sekretaris Desa Simaligi)  kepada Piator  selaku Kepala Desa Simaligi yang baru.

    Dalam acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Kapolres Mentawai. Kasdim,Kabupaten Mentawai, Kabag  pemdes dan Humas, Kabag Umum Setda Kabupaten  Mentawai, Muspika Kecamatan  Sioban dan segenap undangan baik dari keluarga Kepala Desa maupun dari warga masyarakat.

   Sebagaimana diketahui bahwa Pemilihan Kepala Desa Simaligi terkendala pelantikannya seharusnya dilaksanakan tahun lalu,  karena Kepala Desa Simaligi terpilih, Piator di laporkan oleh pihak yang kalah ada kecurangan  dalam persoalan hukum yang di tuduhkan kepadanya, ternyata tidak terbukti dari pihak polisi. Pemungutan suara dilaksanakan  pada  2015 yang diikuti oleh 4 (empat) Calon Kepala Desa. Piator sebagai Calon Kepala Desa  nomor urut 3 mampu menyisihkan Calon Kepala Desa yang lain dengan  memperoleh lebih kurang suara terbanyak yaitu 480 suara.

    Dalam sambutannya Bupati  Mentawai  mengucapkan selamat bagi Piator  yang  telah  resmi menjabat Kepala Desa Simaligi, dan juga menghaturkan terimakasih kepada semua pihak mulai dari Pemerintah Desa, Panitia Pemilihan, KPPS, para Calon Kepala Desa yang ikut pemilihan dan seluruh masyarakat Desa Simaligi, sehingga pemilihan Kepala Desa dapat berjala ndengan tertib, aman dan lancar.

     Bupati mengharapkan kepada Kepala Desa Simaligi  yang baru untuk menjunjung amanat yang telah diberikan oleh masyarakat Desa Simaligi untuk memimpin dalam kurun waktu 6 tahun kedepan. Merangkul semua komponen masyarakat, baik teman maupun  lawan selama proses pemilihan, sehingga kedepan dapat membawa Desa Simaligi  kearah yang lebih baik, maju dan makmur. Memperbaiki kinerja pemerintahan desa terutama dalam administrasi keuangan, sehingga pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan optimal, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

     Bupati Yudas Sabaggalet. juga menyampaikan wacana tentang pengisian Sekretaris  perlu dipilihan secara baik bagi kerukunan antar kelompok warga wacana yang beliau sampaikan  bukan satu-stunya cara, tapi dapat dengan cara yang lain yang lebih mengedepankan musyawarah mufakat dalam masyarakat.

Dari Tanggapan ketua Pekat Indonesia Bersatu (Pekat) Kabupaten Kepulauan Mentawai.Suherman Mengatakan dalam khasus pemilihan kepala Desa Simaligi itu, benar tetaplah benar walaupun bermacam cara di lakukan untuk menganjal Piator tetap tidak akan bisa  karena pemilihan kepala Desa itu suara rakyat,atau suara Tuhan, jadi tidak akan bisa yang batil atau jahat itu mengalahkan yang benar, pungkasnya (heri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar