Rabu, 27 Januari 2016

LUAR BIASA UNTUK PERTAMA KALI: KRI KAPITAN PATTIMURA-371.SANDAR DI PELABUHAN TUAPEIJAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI




  Mentawai- (28/1) Kapal Perang KRI.Kapitan Pattimura-371 yang di komandani oleh Letkol Laut Hertanto. Sandar dengan baik dan safe di Pelabuhan Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Dermaga Tuapeijat yang selama ini tidak pernah di singgahi oleh Kapal Perang yang berukuran cukup panjang 100 meter.ini akhirnya mampu di singgahi oleh KRI Kapitan Pattimura-371 dengan aman untuk berlabuh.


   Letkol laut Hertanto yang juga didamping ketua PWI Kab Kep Mentawai ketika dikonfirmasi awak media Warta Andalas mengatakan, sebagai Komandan  KRI Kapitan Pattimura-371  yang di tugaskan berpatroli di Samudra Hindia pantai Barat Pulau Samatera ini hadir untuk menjaga keamanan di Wilayah Barat perairan Pulau Sumatera dan salah satunya juga untuk mensterilkan wilayah Barat Sumatera dari semua gangguan untuk acara Multilateral Komodo yang akan datang


Ia,menyarankan agar ada penambahan Dolphin di ujung dermaga Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara, “DOLPHIN” tersebut bertujuan agar Kapal Perang/Kapal besar bisa sandar di pelabuhan Tuapeijat ini.ujarnya  

       

  Guna persiapan kegiatan Multilateral Komando Excersise internasional ini, Danlanal persiapan Kabupaten Kepulauan Mentawai.Mayor Laut.E.Baratiku,menerangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan bersama Lanal mempersiapkan Mentawai untuk acar besar Multilateral Dunia saat ini terus melakukan serangkaian persiapan. Sebelumnya utusan US. Embassy Jakarta Bidang Force Protection Detachment (FPD) Daniel Y.Kimball. juga telah datang ke Mentawai (13/1), Ia juga melihat sekaligus mengecek langsung persiapan Multilateral Komando Excersise Internasional 2016, yang nantinya di laksanakan pada April - 2016.diperairan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

      Mayor Laut  E.Baratiku menegaskan ada lima titik yang akan dikunjungi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, di antaranya Desa Mailepet Muara Siberut, Pei-Pei,Tuapejat,Sido Makmur Sipora Utara, Rokot, dan Matobek.

Di rencanakan pada bulan April tahun 2016, di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dikunjungi kapal-kapal Perang dari 32 Negera di dunia. Kapal itu merupakan kapal Perang yang akan terlibat mengikuti Multilateral Komodo Excersise (MKE) 2016.di perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

     "Jadi, rapat pemantapan ini kita lakukan untuk mengetahui laporan kesiapan dari panitia Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dihadiri oleh Bupati Yudas Sabaggalet. SKPD sejauh mana persiapan pada titik-titik destinasi yang akan dikunjungi oleh Peserta/Partisan Multilateral Komodo Excercise  nati," ujarnya

  Danlanal Persiapan Kabupaten Kepulauan Mentawai Mayor laut E. Baratiku, menjelaskan, sesuai rencana kegiatan Multilateral Komodo Excersise itu akan dimulai pada 16-20  bulan April-- 2016 mendatang dengan berbagai kegiatan, diantaranya simulasi Latihan Tempur, Penanganan kontijensi kerawanan dilaut, Pembukaan Jalan Raya di Pei-pei – Rokdok Siberut saat ini sdh masuk 80 persen. Bantuan sosial kepada masyarakat, terdiri dari program kesehatan gratis, Operasi kecil di Kapal Rumah Sakit dan perbaikan puskesmas atau perumahan kumuh. Harapan saya,Pemerintah dan Masyarakat mampu memanfaatkan dan menggunakan moment ini untuk tujuan pengembangan daerah khususnya diSektor Maritim dan Pariwisata ini dengan baik, “Ini Momentum”, Tegasnya.

     Sementara itu, dalam rapat yang dipimpin oleh Bupati Yudas Sabaggalet. Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Ifdil Gusti, didampingi oleh  Dandim Fitrizal Setiawan, Edi Sukarni, Sayful janah, Kepala Basarnas Alfilzan, Polisi Airud dan Kepala PU. Elvi, mengimbau agar persiapan segera diefektifkan mulai sekarang, karena waktu tidak begitu lama lagi.

      "Khusus kebersihan di lokasi destinasi utama di Tuapeijat, juga di tempat lain agar mulai dibersihkan, agar tamu kita nantinya merasa nyaman dan senang datang ke Mentawai," Jelas Ifdil.(heri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar