Rabu, 20 Januari 2016

SEBANYAK 110 GURU AKAN IKUTI UJIAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TAHUN 2016


      Mentawai, -(20/1) Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai,sanggat di perlukan sekali Kopentensi seorang Kepala Sekolah untuk bertugas di Sekolahnya.agar memenuhi semua tuntutan yang sudah menjadi kebutuhan di masa mederen ini.

  “ Kopentensi Guru itu menentukan Kualitas Pendidikan di Mentawai secara umum akan bisa membuat kemakmuran untuk generasi Mentawai di masa mendatang,Kopentensi Kepala Sekolah juga dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik untuk anak didik maupun kepala sekolah.itu sendiri yang bertugas di sekolah yang ada di Mentawai ujar Qamaisir.

     “Berdasarkan permendiknas nomor 28 tahun 2010,mengenai jabatan kepala sekolah,dalam pasal 17 menjelaskan bahwa,kepala sekolah wajib memiliki sertifikat kepala sekolah dan wajib memiliki Nomor nip. Kepala Sekolah (NUKS) yang sudah berlaku pada tahun 2010.yang lalu.

     “Kepala bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan Mentawai .Qamaisir mengatakan saat di konfirmasi diruang kerjanya, berkata Dinas Pendidikan kabupaten kepulauan mentawai akan meyelenggarakan kegiatan Ujian Kopentesi Guru se Kabupaten Kepulauan Mentawai.tahun 2016 ini secara mandiri,di Hotel Toronia.KM 5 Tuapeijat Sipora Utara.


    Acara Ujian Kopentensi Kepala Sekolah dan Guru (UKKS ) di gelar pada tanggal 23-25 januari bulan ini untuk memenuhi kekurang yang terjadi di Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai.agar semua kepala sekolah dan guru memenuhi sarat sarat menjadi kepala sekolah.

     Ia menyebutkan,lebih kurang 110 calon kepala sekolah yang sudah masuk data ke dinas pendidikan,baik kepala sekolah yang sedang berjalan,wakil kepala sekolah dan guru yang berminat menjadi kepala sekolah yang memenuih persyaratan akan ikut ujian kopentensi kepala sekolah dan Guru.dalam waktu dekat ini..

     Persyaratan yang akan disiapkan calon kepala sekolah harus tamatan S1,pangkat minimal III.C dan masa kerja selama 8 tahun usia maksimal 55 tahun,kata Qamaisir

     Dia menjelaskan,masa jabatan kepala sekolah hanya 4 tahun,tapi kalau kepala sekolah menunjukan kinerja yang baik,juga berpretasi maka akan di lakukan perpanjangan jabatan di tambah 4 tahun dan dibuat SK baru lagi.oleh kepala daerah.

    Qamaisir menerangkan Sistim untuk pengangkatan kepala sekolah setelah dinyatakan lulus ujian kompetensi kepala sekolah,mereka mempunyai hak sebagai kepala sekolah dan mengangkatnya adalah kepala daerah bukan sistim pansel.terangnya.

    “Lanjut Qamaisir untuk penempatan kepala sekolah yang sudah mempunyai sertefikat Ujian Kopentensi kepala sekolah dan guru nantinya akan ditata didinas pendidikan sesuai poksi pendidikan bukan cara pansel yang akan menentukan.

     Pada prinsipnya ujar Qamaisir sistim sudah berubah,sesuai dengan peningkatan mutu pendidikan di Pusat dan di harapkan kepala sekolah di Mentawai terukur kualitasnya,sebagai kepala sekolah dan guru.

“Selama ini, dia mengatakan hanya sistim tunjuk saja menjadi kepala sekolah,sehingga tingkat kemampuan Kepala Sekolah di setiap tingkatan sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak terukur.

      Di sisi lain kata Qamaisir yang menjadi kendala dan sangat di cemaskan ada satu di kecamatan di siberut barat,Kepala Sekolah hanya cuman 3 orang yang mendaftar sebagai calon kepala sekolah,dan pada umumnya guru SD nya rata rata tamatan SPG,namun hal ini sudah disampaikan ke LPMP untuk dapat memberikan solusi,yang terbaik agar daerah tertinggal itu dapat perhatian khusus karena daerah tersebut sangat membutuhkan kepala sekolah dan guru yang berkualitas juga bersertifikat.terangya.

      Dia sangat berharap dengan memiliki kualitas pendidikan suatu sekolah.Peran dan pengaruh kepala sekolah mampu mempengaruhi guru-guru dalam sekolah tersebut.untuk menuntut ilmu.juga membagi ilmu ke pada anak anak didiknya.

     Qamaisir menerangkan kepala sekolah harus berbuat arif dan bijaksana serta visioner dalam memimpin sebuah sekolah maka guru dan tenaga pendidikan menjadi bersemangat dan naik kinerjanya sehingga sekolah cepat menjadi maju serta siswa-siswinya menjadi berprestasi,pungkasnya.(heri)
Top of Form

Bottom of Form


Tidak ada komentar:

Posting Komentar