Selasa, 19 Januari 2016

Yudas Sabaggalet;Pelayanan Kesehatan Harus Ditingkatkan di Mentawai


Mentawai-Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.di Lingkungan kerjanya.
“Jangan tanya status pasien dahulu, namun utamakanlah pelayanan kepada semua pasien yang berobat,”pinta Yudas di hadapan aparat Dinas Kesehatan, pada Rapat Kaoordinasi pakta integritas peningkatan pelayanan kesehatan, di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (2/12).
Dia meminta, agar sarana dan prasarana yang sudah disediakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar 12 persen,  harus dapat dimanfaatkan, untuk memberikan pelayanan terbaik.bagi masyarakat Mentawai.
“Jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh, akibat tidak mendapatkan pelayanan yang baik ketika berobat,” dan harus ada inovasi dan keriatif bagi petugas kesehatan untuk melayani pasen ujarnya.
Dikatakannya, seluruh aparat kesehatan harus membantu masyarakat, apakah Kartu Indonesia Sehat (KIS), sudah diterima warga yang berhak, di sisi lain Dinas Kesehatan harus mendeteksi kesehatan masyarakat Mentawai, apa masih terdapat masyarakat yang gizi buruk.
Seperti saat ini sedang terjadi perobahan cuaca, Dinas Kesehatan harus mampu mengantisipasi penyakit Demam Berdarah (DBD).dan penyakit lainnya.yang menular.
Rapat koordinasi pakta integritas, bukan sekedar formalitas semata, tetapi merupakan tanggung jawab aparat kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.di seluruh puskesmas harus memiliki koordinasi dengan Desa Masyarakat pemuka Agama dan posyandu juga pos kesehatan lainnya.
Jika mendapati pasien dengan keluhan penyakit yang tidak dapat ditanggulangi, usahakan merujuk ke rumah sakit (RS) yang berkompeten, sebab tidak mau ada masyarakat Mentawai yang sakit, namun tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.
Yudas Sabaggalet Memintak kepada kepala Puskesmas yang bertugas di wilayahnya agar menyemput bola ke lapangan atau mendatangi pasen kalau perlu kerumahnya yang ada di wilayah kerja mereka masing masing agar pelayanan kesehatan sampai ke masyarakat.terisolir sekalipun.tegas Yudas.
Tujuh pesan Sikerei
1.Stop Buang Air Besar Sembarangan.2.Istirahat yang Cukup.3.Konsumsilah Garam Beryodium Makanan yang beraneka Ragam Sayur dan Buah Buah.4.Enyahkan Asap Rokok dan kasus Gizi Buruk.5.Rajinlah Berolah Raga Secara teratur 6.Eliminasi Penyakit Kaki Gajah dan Penyakit Malarya Serta temukan Obat Sampai Sembuh penyakit TB .7.Ingatkan Keluarga Anda untuk menimbang Belita di Posyandu setiap  Bulan pemberian Asi saja kepada Bayi sampai umur 6 bulan persalinan oleh tenaga kesehatan.ujar Yudas.
Yudas Mengatakan tahun ini akan dibangun Sembilan Poskesdes di Mentawai yakni di Tiniti.Bolotok.Tumalei.Bojo.Sao.Taraet.Monga.Toroiji.Buttui.dan pembangunan Puskesmas Bulasat.juga pembangunan Puskesmas Sarereiket.terangnya.(heri)


1 komentar: