Rabu, 02 Desember 2015

Trampil dan Kreatif Melalui Karya Kerajinan Berbasis Material Daerah Setempat.


Mentawai-Dinas Prindakop dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan Pertandingan Masak memasak dan pembuatan Sofenir Rumah Adat Mentawai yakni UMA, Usaha Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan selama tiga hari dari mulai tanggal (3-6-/12/2015) bertempat di Pasar KM 6.Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara.bidang Ekonomi Kreatif Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Acara yang dibuka oleh Ibuk Bupati Mentawai Rosmaida Yudas Sabaggalet.dan Kepala Dinas Prindakop dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mentawai.D, Lubis ini diikuti sebanyak 110 peserta dari sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Mentawai. Peserta pertandingan ini merupakan pelaku Ekonomi Kreatif dari berbagai jenis usaha pekerjaan seperti pengrajin kayu, pengrajin anyaman, pengolahan makanan, pengrajin batu, karang manik manik dan lain lain.


Pada hari pertama peserta diberikan kesempatan untuk mempersiapkan bahan bahan yang di perlukan dalam perlombaan Kriatif tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai. oleh Kepala Dinas Prindakop dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Mentawai mengenai Pembangunan Kepariwisatan Mentawai. Materi selanjutnya disampaikan oleh narasumber dari Perencanaan dan Pengembangan sofenir dan usaha kecil menengah dan Kepariwisataan dari Prindakop Mentawai, dengan materi mengenai Pengembangan Program Sofenir Wisata Kreatif Kabupaten Mentawai. Narasumber yaitu Asril yang merupakan seretaris Dinas Prindakop Mentawai yang menjelaskan cara mengelola dan menerapkan manajemen ekonomi kreatif sesuai dengan karakteristik daerah.Mentawai.


Pada hari pertama para peserta diajak mengeluarkan karya terbaik yang ada di Kabupaten Mentawai yaitu “Sofenir Colection Daerah Mentawai Asli ” yang berlokasi di Mentawai. Disini para peserta pertandingan mendapatkan sharing pengalaman dari Ibuk Bupati.Rosmaida dan Ibuk Kapolres Mentawai selaku pengelola mengenai manajemen yang baik dan marketing yang benar, selain itu juga para peserta diajak melihat langsung proses pembuatan rumah adat Mentawai.dapa peserta lomba.

Dari sambutan Asisten II Kabupaten Kepulauan Mentawai. Shyful Janah mengatakan semua peserta yang ikut perlombaan Kereatif daerah tingkat Kabupaten Mentawai ini, benar benar mengciptakan karya karya yang bisa di banggakan oleh daerah dan juga dapat menambah ekonomi masyarakat Mentawai Khususnya.(heri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar