Kamis, 10 Desember 2015

Pelatihan Pemadaman Kebakaran Kabupaten Kepulauan Mentawai

    
Mentawai- Sebagai usaha preventif menghindari dan menanggulangi bahaya kebakaran dan bencana alam lainnya maka Program Dinas Kesbang pol Limas  Kabupaten Kepulauan Mentawai bekerja sama dengan Komando Pemadam Kebakaran (Kodamkar) Pusat melakukan pelatihan Pemadaman Kebakaran yang diikuti oleh seluruh anggota pemadam Kebakaran Mentawai berjumlah 63 orang,

 Program pelatihan pemadam kebakaran Bertempat di halaman Kantor Bupati Mentawai. Meeting Room Gedung Aula Bupati Mentawai pada hari kamis, 10 Desember 2015, pukul 14.00 WIB narasumber dari Kodamkar pusat yakni dua orang instruktur Didik dan Suryo memberikan pengenalan dasar mengenai alat dan bahan yang dapat digunakan untuk memadamkan api. Selain alat modern seperti tabung pemadam berisi CO2, busa, dan serbuk, bahan-bahan sederhana di sekitar kita pun ternyata dapat digunakan untuk mencegah kebakaran yang lebih besar. Karung goni yang telah dibasahi dengan air dapat menjadi alat yang efektif untuk memadamkan api, bahkan kain sarung dan sprei pun bisa digunakan.

Setelah pengenalan teori pemadaman api dan penggunaan alat disampaikan secara jelas, petugas Kodamkar Pusat memandu praktik pemadaman api dengan menggunakan karung goni basah dan menggunakan alat modern berbahan serbuk. Di halaman belakang Gedung Kantor Bupati Mentawai telah disiapkan perlengkapan untuk simulasi upaya pemadaman api. Secara bergantian, anggota pemadam kebakaran dan, petugas keamanan dan beberapa petugas kebersihan Bupati melakukan praktik pemadaman api. Di bagian akhir pelatihan, dilakukan pengecekan fungsi hidran dan dipraktikkan cara penggunaannya untuk pemadaman api. Seluruh pelatihan diakhiri pukul 15.40 WIB..

Kita mengusulkan agar pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai melengkapi semua sarana prasarana anggota pemadam kebakaran untuk menghadapi mencana kebakaran dan bencana alam lainnya.Saran Prasarana tersebut sangat perlu sekali  dalam standar operasional pemadam kebakaran di mana saja berada terutama untuk Anggota pemadam kebakaran itu sendiri dalam menjalankan tugasnya nanti ujarnya.

Kepala kesbangpol limas Kabupaten Kepulauan Mentawai Halomoan Pardede mengadakan pelatihan pemadamkebakaran yang diselengarakan bekerjasama dinas pemadam kebakaran pusat pada kesempatan ini berlaku sebagai narasumber bapak Didik kasie kebakaran pusat dalam pelatihan ini anggota pemadam pebakaran Mentawai dilatih untuk mengenali jenis jenis api dan cara yang sederhana maupun dengan APAR alat pemadam api ringan pungkasnya (heri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar