Rabu, 16 Desember 2015

Satu Unit Bantuan Kapal Nelayan Direalisasikan 2015



Mentawai-  Bupati Kepulauan Mentawai.Yudas Sabaggalet menerima satu unit kapal bantuan untuk kelompok nelayan,di Sikakap dari mentri kelautan dan perikanan Pusat.Susi Pudjastuti.

Bupati Yudas Sabaggalet mengharapkan agar kelompok nelayan di Kabupaten Kepulauan Mentawai benar benar pokus dengan kelompok nelayannya untuk menangkap ikan yang begitu banyak ikan di Mentawai,dan jangan bertukar tukar pasti berhasil ujarnya.

”Harapan itu di sampaikan oleh Bupati Yudas Sabaggalet kepada nelayan yang menerima kapal nelayan Mina Maritim itu di TPI Tuapeijat,Sipora Utara untuk kelompok nelayan Sikakap agar bersunguh sunguh sebagai nelayan.

Bupati mencontohkan dengan logika betapa banyaknya masyarakat di Mentawai yang tidak pokus dalam menekuni pekerjaannya.akhir dari semua itu adalah sebuah keterpurukan dan tidak mendapatkan hasil yang di harapkan,tegasnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima satu unit kapal nelayan bantuan sarana dan prasarana kapal dari Mentri Kelautan dan Perikanan Pusat.Susi pudjiastuti. ke kelompok nelayan Kecamatan Sikakap, 16/12/2015.yang langsung di terima oleh Bupati Yudas Sabaggalet.beserta kepala DKP.Mentawai.Edi Sukarni.

Kepala DKP Kabupaten Kepulauan Mentawai,Edi Sukarni. mengatakan, bantuan ini dapat dilanjutkan kembali karena pemerintah di tingkat pusat akan memberikan Dana Alokasi Khusus ke beberapa daerah.di rencanakan pada tahun 2016 akan datang 15 unit kapal nelayan lagi yang akan datang ujarnya.
“Bantuan kapal bagi kelompok nelayan ini pada tahun ini terpaksa hanya satu unit saja terkait efisiensi anggaran pemerintah. Tapi, berkat usulan dari Kabupaten Mentawai ke kementerian, pada tahun depan diharapkan masuk DAK,” kata Edi Sukarni.
Ia mengemukakan, pada 2015 Pusat menurunkan bantuan sarana dan prasarana perikanan untuk satu unit kapal berkapasitas 2 Ton, seperti tahun 2015.ini.

Lantaran itu, bantuan sarana dan prasarana perikanan kapal, serta alat tangkap seperti jaring dan sarana lainnya.

“Sejauh ini bantuan diserap secara baik oleh kelompok nelayan di ,Sikakap dan kecamatan lainnya, untuk upaya peningkatan produksi,” ujar dia.

Ia mengemukakan, pemberian beragam bantuan ini diharapkan mendongkrak produksi perikanan di Mentawai yang ditargetkan meningkat ratusan ton pada 2016.

Sementara ini, produksi perikanan dari perairan tangkap di Mentawai mencapai ratusan ton per tahun dari luas laut di Mentawai. dan di rencanakan untuk tahun 2016 kita memintak ke pusat kapal untuk nelayan di mentawai sejumlah lima belas unit lagi .pungkasnya (heri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar