Selasa, 01 Desember 2015

Demokrasi dan Kontrol Sosial Pers dalam suatu Daerah, Negara


Oleh Heripamalis
Mentawai- Peran Pers adalah sutu sarana bagi warga negara untuk mengeluarkan pikiran dan pendapat serta memiliki peran positif dalam negara demokrasi .pers yang bebas dan bertangung jawab memegang peranan penting dalam mengembangkan masyarakat demokrasi.yang benar dan bermartabat.

Media massa merupakan salah satu unsur bagi negara dan pemerintah yang demokrasi,sedangkan inti dari demokrasi adalah adanya kesempatan Bagi aspirasi dan suara rakyat,atau individu dalam mempengaruhi sebuah keputusan yang membangun.

Dalam demokrasi juga diperlukan partisifasi rakyat yang muncul dari kesadaran politik untuk ikut terlibat dan punya andil dalam sistem pemerintahan.dan pemilihan umum di Indonesia.

Pada berbagai aspek kehidupan di negara ini, sejatinya masyarakat memiliki hak untuk ikut serta dalam menentukan kepala daerah dan langkah kebijakan suatu daerah atau negara.demi kemajuan Bangsa Negara kedepan.

Perlu di jelaskan yang dimaksud dengan pastisipasi masyarakat ,adalah keikutsertaan masyarakat untuk mengakomodasikan kepentingan mereka dalam proses penyusunan rencana pembangunan, mengambil makna demokrasi atau manajemen terbuka terkandung juga makna kontrol sosial yang tak lain adalah pengawasan masyarakat yang di dalamnya terdapat unsur unsur sosial participation yaitu keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan.sosial responsibility yaitu pertangung jawaban pemerintah terhadap rakyat. Sosial support dukungan rakyat terhadap pemerintah.sosial control pengahasan masyarakat terhadap tindakan tindakan pemerintah.

Dalam negara demokrasi lembaga lembaga yang menjadi corong sistem demokrasi seperti badan yudikatif,badan perwakilan politik atau perwakilan rakyat legislatif dapat dikoreksi oleh pers.

Apabila keputusan keputusan badan tersebut merugikan kepentingan masyarakat secara keseluruhan, misalnya tidak memihak masyarakat dan menimbulkan rasa ketidakadilan maka pers dapat menyampaikan peryataan dan aspirasinya terhadap keputusan tersebut.

Selain itu pers juga berperan dalam mengoreksi tindakan tindakan administratif atau administrasi negara dan badan eksekutif sebagai badan penyelengara kekuasaan negara untuk mewujudkan cita cita rakyat, yaitu terwujudnya keamanan dari ancaman luar,

Kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh, serta terlindungnya kemerdekaan perorangan di seluruh negara indonesia.(heri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar